Fungsi Penting Olahraga Malam Hari, untuk Tubuh Kita

Photo by Bruno Nascimento on Unsplash

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang setelah berolahraga. Olahraga memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kesehatan, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kemampuan otak, dan meningkatkan kekuatan otot dan tulang.

Manfaat kesehatan dari olahraga teratur telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Namun, aktivitas yang padat membuat sebagian dari kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Akan tetapi, jika memang sulit berolahraga di pagi hari karena harus beraktivitas, dapat berolahraga pada malam hari.

Tak perlu khawatir, manfaat olahraga malam hari sebelum tidur juga tidak kalah dengan jenis olahraga yang dilakukan pada pagi hari. Olahraga pada malam hari memiliki beberapa manfaat yang bisa memberikan kebaikan dalam tubuh kita, berikut beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan kekuatan otot

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science & Medicine, puncak kinerja otot terjadi pada sore hari karena fluktuasi kadar hormon dan suhu inti tubuh meningkat. Sehingga olahraga pada malah hari bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot lebih tinggi dibandingkan pagi/siang hari.

2. Memiliki lebih banyak energi untuk olahraga

Energi pada saat malam hari lebih tinggi dibandingkan pada saat pagi hari di mana disebutkan bahwa olahraga pada malam hari dapat dilakukan 20 persen lebih lama dibandingkan pada pagi hari dikarenakan energi pada malam hari lebih banyak. “Kinerja fisik manusia lebih baik di malam hari karena tubuh menggunakan lebih sedikit oksigen atau lebih sedikit energi,” kata peneliti dari Weizmann Institute of Science Gad Asher.

3. Kualitas tidur lebih baik

Olahraga dengan intensitas sedang tidak memiliki efek yang merugikan pada tidur selama berhenti setidaknya 90 menit sebelum waktu tidur. Hal ini dikarenakan tingkat endorfin dan suhu inti tubuh yang meningkat saat olahraga kembali normal. Tidak hanya itu, suhu tubuh menurun, detak jantung melambat, dan gelombang otak melambat. Hal ini sudah dibuktikan oleh National Sleep Foundation di Amerika bahwa olahraga saat malam hari mempercepat waktu tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Menghilangkan Racun dan Toxin

Selama beraktivitas seharian, tentunya terdapat banyak racun dan radikal bebas yang mungkin dapat mengganggu tubuh dan kesehatan seseorang. Misalnya yaitu asap dan debu, makanan tidak sehat yang dikonsumsi. Olahraga malam adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan toxin sehingga membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

5. Terlihat awet muda

Olahraga bermanfaat dalam proses regenerasi sel. Secara ilmiah memang terbukti bahwa olahraga secara teratur dan dilakukan dengan dosis dan intensitas tertentu dapat membuat seseorang lebih awet muda. Olahraga teratur dapat memengaruhi sel tubuh sehingga lebih tahan terhadap stres oksidatif dan memperpanjang usia sel tubuh

6. Solusi turunkan berat badan

Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Olahraga teratur (dan nutrisi yang tepat) dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Penurunan berat badan akan tercapai paling efektif bila kita mengikuti latihan kardiovaskular dengan aktivitas intensitas sedang yang dilakukan selama 5-7 hari per minggu. Untuk membakar kalori dengan maksimal, olahraga malam bisa menjadi solusi pembakaran kalori dari makanan yang kita konsumsi dalam sehari.

7. Membuat keadaan psikologis lebih baik

Olahraga saat malam hari berdampak baik pada aktivitas keesokan harinya.Dari beberapa Studi didapatkan bahwa olahraga pada malam hari dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah, dan daya tahan tubuh yang lebih baik.

Olahraga meningkatkan konsentrasi norepinefrin, yaitu zat kimia yang dapat menurunkan respons otak terhadap stres. Studi menunjukkan bahwa 30 Menit berolahraga selama 5 hari atau lebih dalam seminggu, dapat membantu dalam menurunkan keputusasaan dan tekanan mental. Di sisi lain, aktivitas fisik membuat lebih lelah sehingga lebih siap untuk tidur. Kualitas tidur yang baik membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan dapat mengurangi stres.

Olahraga pada pagi hari menginisiasi program pada gen di dalam sel otot, membuatnya lebih efektif dan lebih mampu memetabolisme gula dan lemak.

Sedangkan olahraga pada malam hari, di sisi lain, meningkatkan pengeluaran energi seluruh tubuh untuk jangka waktu yang lama. Sehingga saat berolahraga pada malam hari, suhu tubuh akan cepat di puncak. Sehingga kembali lagi olahraga yang dilakukan disesuaikan dengan kondisi tubuh dan tujuan dari olahraga itu sendiri.

dr Ledy Kumala Devi

Keterangan: Penulis adalah dokter di RS Kanker Dharmais, saat ini sedang menempuh pendidikan spesialis Orthopaedi dan Traumatologi di RS Saiful Anwar Malang.